Kronologi Video Detik-Detik Kecelakaan Pesawat Malaysia yang Tewaskan 10 Orang

Rasyidfaiz - Video Detik-Detik Kecelakaan Pesawat Malaysia, Sebuah pesawat pribadi mengalami kecelakaan tragis pada hari Kamis, 17 Agustus 2023, menghantap jalan empat lajur di dekat ibu kota Malaysia. Insiden ini menewaskan delapan orang di dalam pesawat serta dua pengendara sepeda bermotor di jalan. 

Saat detik-detik menjelang kecelakaan terjadi, banyak video yang mengabadikan momen tersebut telah beredar di internet.

Dalam video-video yang tersebar, pesawat tersebut terlihat meledak menjadi bola api saat menabrak tanah. 

Baca juga : Sudah Ada Firasat Tidak Baik dari Pilot Shahrul Kamal Roslan Titip Nomor HP Istri

Asap hitam tebal terlihat membubung tinggi dari lokasi kejadian, menciptakan pemandangan mengerikan. 

Para saksi mata yang berada di sekitar melaporkan bahwa ledakan hebat terdengar diikuti oleh kepulan asap pekat.

Tim penyelidik kecelakaan udara Malaysia telah bekerja keras untuk mengumpulkan bukti dan informasi terkait insiden ini. 

Baca juga : Kronologi Video Detik-Detik Kecelakaan Pesawat Malaysia yang Tewaskan 10 Orang

Salah satu komponen penting dalam penyelidikan ini adalah perekam suara kokpit (Cockpit Voice Recorder/CVR), yang ditemukan pada malam hari setelah kecelakaan terjadi.

Menteri Transportasi Malaysia, Anthony Loke, mengungkapkan bahwa CVR tersebut sedang dianalisis oleh tim ahli. 

CVR merekam percakapan dan suara-suara di dalam kokpit sebelum kecelakaan terjadi, dan hasil analisisnya diharapkan dapat memberikan petunjuk mengenai penyebab kecelakaan tersebut.

"Saya telah menginstruksikan agar investigasi dipercepat dan dilakukan secara menyeluruh. Kami akan mengumumkan hasilnya sesegera mungkin setelah analisis selesai," kata Anthony Loke kepada wartawan.

Pesawat tersebut hanya dilengkapi dengan perekam suara kokpit dan tidak memiliki perekam data penerbangan. 

Baca juga : Mengungkap Misteri Kecelakaan Pesawat Malaysia, Semua Beechcraft Model 390 akan Diinvestigasi

Kepala polisi Malaysia, Razarudin Husain, mengungkapkan bahwa operasi pencarian dan evakuasi korban telah hampir selesai, dengan "95 persen dari misi tersebut terselesaikan."

Pesawat yang mengalami kecelakaan ini lepas landas dari pulau resor Langkawi dan mendekati Bandara Sultan Abdul Aziz Shah di Selangor pada saat insiden terjadi. 

Saksi mata, termasuk Mohamad Syahmie Mohamad Hashim, seorang mantan anggota angkatan udara Malaysia, menyaksikan momen detik-detik menjelang kecelakaan. 

Ia menggambarkan pesawat terbang dengan tidak menentu sebelum akhirnya terjadi ledakan hebat.

Kepala Kementerian Transportasi, Anthony Loke, sebelumnya mengungkapkan bahwa pesawat tersebut telah diizinkan untuk mendarat di bandara tersebut, tetapi tiba-tiba "berbelok ke kanan jalur pendaratan" sebelum jatuh.

Baca juga : Kronologi Penyebab Kecelakaan Pesawat di Malaysia yang Tewaskan 10 Orang?

Kecelakaan ini mengingatkan pada tragedi serupa pada bulan September 1977, ketika sebuah pesawat Japan Airlines jatuh di dekat lokasi yang sama. Kecelakaan tersebut menyebabkan 34 orang tewas, dan para penyelidik saat ini berupaya untuk mencegah terulangnya insiden serupa dengan menjalankan penyelidikan yang teliti dan komprehensif.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel